Efektivitas Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Teori Sergiovanni
<br/ >Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui partisipasi seluruh komponen sekolah. Teori Sergiovanni, seperti yang dijelaskan oleh Mulyasa (2012), mengidentifikasi 5 komponen efektivitas MBS dari sisi kepala sekolah: <br/ > <br/ >1. Visi dan Tujuan Bersama: Kepala sekolah berperan penting dalam merumuskan visi bersama dengan seluruh staf dan memastikan tujuan tersebut tercapai melalui perencanaan strategis yang jelas. <br/ > <br/ >2. Kepemimpinan Instruksional: Seorang kepala sekolah efektif harus mampu memberikan arahan pedagogis kepada guru-guru agar proses pembelajaran dapat optimal. <br/ > <br/ >3. Pengembangan Profesional Guru: Mendukung pengembangan profesional guru adalah salah satu tugas utama kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. <br/ > <br/ >4. Budaya Organisasi yang Positif: Kepala sekolah memiliki peran dalam menciptakan budaya organisasi yang inklusif, kolaboratif, dan mendukung pertumbuhan individu maupun kolektif. <br/ > <br/ >5. Pemberdayaan Stakeholder: Melibatkan semua pihak terkait, termasuk siswa, orang tua, dan masyarakat lokal dalam pengambilan keputusan akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. <br/ > <br/ >Dengan memahami dan mengimplementasikan kelima komponen ini secara efektif sesuai teori Sergiovanni, seorang kepala sekolah dapat menjadi agen perubahan positif dalam menjalankan tugasnya demi peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan mereka.