Peran Metode Multisensory dalam Mengatasi Permasalahan Disleksia Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Indonesi

4
(256 votes)

Latar Belakang Hak inklusi secara universal adalah hak setiap individu untuk mendapatkan pendidikan yang setara tanpa diskriminasi. Di Indonesia, hak inklusi telah diakui dan diatur dalam berbagai kebijakan pendidikan. Namun, masih terdapat permasalahan dalam implementasi hak inklusi, terutama dalam hal pendidikan matematika bagi siswa berkebutuhan khusus. Permasalahan Disleksia Matematika Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa berkebutuhan khusus adalah disleksia matematika. Disleksia matematika adalah gangguan pembelajaran yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan konsep matematika. Faktor kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus menjadi salah satu penyebab terjadinya disleksia matematika. Keberhasilan Metode Multisensory Metode multisensory adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan penggunaan berbagai indera, seperti pendengaran, penglihatan, perabaan, dan gerakan. Metode ini telah terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan disleksia matematika pada siswa berkebutuhan khusus. Dengan melibatkan berbagai indera, siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika dan mengatasi kesulitan yang mereka hadapi. Penerapan Metode Multisensory di Indonesia Meskipun metode multisensory telah terbukti efektif, penerapannya di Indonesia masih terbatas. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang metode ini menjadi salah satu hambatan dalam penggunaannya. Selain itu, keterbatasan sumber daya dan fasilitas juga menjadi kendala dalam implementasi metode multisensory di sekolah-sekolah. Solusi dan Rekomendasi Untuk mengatasi permasalahan disleksia matematika pada siswa berkebutuhan khusus, penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang metode multisensory. Diperlukan pelatihan dan pendampingan bagi guru agar mereka dapat mengimplementasikan metode ini dengan baik. Selain itu, perlu juga peningkatan fasilitas dan sumber daya yang mendukung penggunaan metode multisensory di sekolah-sekolah. Kesimpulan Metode multisensory memiliki peran yang penting dalam mengatasi permasalahan disleksia matematika pada siswa berkebutuhan khusus di Indonesia. Dengan melibatkan berbagai indera, metode ini dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik. Namun, penerapannya masih terbatas dan perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang metode ini serta peningkatan fasilitas dan sumber daya di sekolah-sekolah.