Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SDN Pangalengan dalam Menjajakan Oleh-oleh Khas Bandung
Pendahuluan: Siswa SDN Pangalengan memiliki kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris yang lebih aktif dan efektif. Dalam konteks menjajakan oleh-oleh khas Bandung, keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi sangat penting. Artikel ini akan membahas langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan oleh Pak Fahrezan, guru Bahasa Inggris di SDN Pangalengan, untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa. Kegiatan Awal: 1. Mengenalkan diri dalam Bahasa Inggris: Siswa diajak untuk memperkenalkan diri mereka sendiri dalam Bahasa Inggris. Mereka dapat berlatih mengucapkan nama, umur, dan hobi mereka dalam Bahasa Inggris. 2. Mengajak dan meminta ijin: Siswa diajak untuk berlatih mengajak teman mereka untuk membeli oleh-oleh khas Bandung. Mereka juga diajarkan bagaimana meminta ijin kepada orang tua mereka untuk menjajakan oleh-oleh tersebut. Inti Pembelajaran: 1. Memberi ijin dan menyetujui: Siswa diajarkan bagaimana memberi ijin kepada teman mereka untuk menjajakan oleh-oleh khas Bandung. Mereka juga diajarkan bagaimana menyetujui permintaan teman mereka. 2. Tidak menyetujui dan melarang: Siswa diajarkan bagaimana mengekspresikan ketidaksetujuan dan melarang teman mereka untuk melakukan sesuatu. Mereka juga diajarkan bagaimana merespons ketika mereka dilarang oleh orang lain. Penutup: Dalam artikel ini, telah dijelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan oleh Pak Fahrezan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa SDN Pangalengan. Dengan mempraktikkan tindak tutur yang melibatkan mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang, siswa akan dapat berkomunikasi dengan lebih lancar dalam Bahasa Inggris saat menjajakan oleh-oleh khas Bandung.