Persamaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Pendidikan Islam dalam Dasar Filsafah

4
(325 votes)

Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep pendidikan yang sedang diperkenalkan di Indonesia. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur pembelajaran mereka sendiri. Di sisi lain, kurikulum pendidikan Islam juga memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan pendidikan yang holistik dan berbasis nilai-nilai Islam kepada siswa. Meskipun terdapat perbedaan dalam konteks dan pendekatan, terdapat persamaan antara kurikulum merdeka dan kurikulum pendidikan Islam dalam dasar filsafah yang mereka anut. Keduanya memiliki fokus pada pengembangan karakter siswa, pemberdayaan siswa, dan pengembangan potensi siswa. Pertama, baik kurikulum merdeka maupun kurikulum pendidikan Islam memiliki fokus yang kuat pada pengembangan karakter siswa. Kurikulum merdeka menekankan pentingnya mengembangkan karakter yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang mengajarkan pentingnya memiliki akhlak yang baik, seperti jujur, adil, dan sabar. Kedua, kedua kurikulum ini juga memberikan ruang bagi siswa untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran. Kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih topik pembelajaran, metode pembelajaran, dan bahkan menentukan tujuan pembelajaran mereka sendiri. Hal ini sejalan dengan pendekatan pendidikan Islam yang memberikan perhatian pada pemberdayaan siswa dan pengembangan potensi mereka. Terakhir, baik kurikulum merdeka maupun kurikulum pendidikan Islam memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik. Kurikulum merdeka mengakui bahwa setiap siswa memiliki potensi yang berbeda-beda dan perlu diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut. Hal ini juga sejalan dengan pendekatan pendidikan Islam yang mengajarkan pentingnya mengembangkan potensi fisik, intelektual, emosional, dan spiritual siswa. Dalam kesimpulan, meskipun terdapat perbedaan dalam konteks dan pendekatan, terdapat persamaan antara kurikulum merdeka dan kurikulum pendidikan Islam dalam dasar filsafah yang mereka anut. Keduanya memiliki fokus pada pengembangan karakter siswa, pemberdayaan siswa, dan pengembangan potensi siswa. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip dari kedua kurikulum ini, kita dapat menciptakan pendidikan yang holistik dan berbasis nilai-nilai Islam yang dapat membantu siswa dalam menghadapi tantangan dunia modern.