Mengatasi Kesalahan dengan Pendekatan Empati

4
(182 votes)

Dalam kasus yang terjadi di sekolah, Bu Indri, seorang guru piket, menghadapi situasi di mana beberapa murid, yaitu Andi, Indro, dan Bayu, secara tidak sengaja merusak sebuah pot bunga. Namun, Bu Indri tidak langsung menghukum mereka, melainkan mengambil pendekatan yang lebih empatik dan mendukung. Sikap posisi yang diambil oleh Bu Indri adalah sikap yang penuh pengertian dan kesabaran. Ketika Bu Indri mendapati pot bunga yang pecah, ia tidak langsung menyalahkan ketiga murid tersebut. Sebaliknya, ia memahami bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang wajar dan tidak ada manusia yang sempurna. Dengan demikian, Bu Indri menciptakan lingkungan yang aman dan terbuka bagi ketiga murid untuk berbicara tentang apa yang terjadi. Dalam kasus ini, Bu Indri memberikan dukungan kepada ketiga murid dengan cara yang berbeda. Pertama, ia menenangkan mereka dan mempersilahkan mereka untuk duduk. Hal ini memberikan rasa nyaman dan mengurangi ketegangan yang mungkin dirasakan oleh ketiga murid. Selanjutnya, Bu Indri bertanya tentang keyakinan sekolah yang telah disepakati dan apakah mereka bersedia memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Dengan melakukan ini, Bu Indri memberikan kesempatan kepada ketiga murid untuk berpikir tentang nilai-nilai yang telah mereka pelajari dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka. Selanjutnya, Bu Indri juga memberikan kesempatan kepada ketiga murid untuk berpartisipasi dalam memperbaiki masalah yang telah terjadi. Ketika Bayu mengusulkan untuk mengganti pot yang pecah, Bu Indri memberikan izin kepada mereka untuk meminjam peralatan dari guru prakarya. Hal ini memberikan kesempatan kepada ketiga murid untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka dalam memperbaiki pot yang rusak. Selain itu, Bu Indri juga mendukung kreativitas dan inisiatif ketiga murid. Ketika Bayu meminta izin untuk melukis pot yang pecah agar terlihat lebih cantik, Bu Indri memberikan persetujuan. Dengan memberikan kepercayaan kepada ketiga murid untuk menghias pot tersebut, Bu Indri memberikan kesempatan kepada mereka untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas mereka. Dalam keseluruhan kasus ini, Bu Indri telah mengambil pendekatan yang empatik dan mendukung terhadap ketiga murid. Ia tidak hanya menyalahkan mereka atas kesalahan yang telah dilakukan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dari kesalahan tersebut dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka. Dengan pendekatan ini, Bu Indri menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung bagi ketiga murid untuk tumbuh dan berkembang.