Pengaruh Penerapan Proyek Pembelajaran Bhineka Tunggal Ika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Wawasan Global Siswa Kelas 4 SDN Sumber Pinang 01 Jember: Telaah Kritis dan Implikasi Penelitian\x0a\x0a2.
Pendahuluan: <br/ >Proyek pembelajaran Bhineka Tunggal Ika berbasis kurikulum Merdeka Belajar di SDN Sumber Pinang 01 Jember telah menarik perhatian sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan wawasan global siswa kelas 4. Dalam penelitian ini, kita akan menelaah pengaruh proyek ini dan implikasinya terhadap perkembangan siswa. <br/ > <br/ >3. Bagian: <br/ >① Bagian pertama: Desain Proyek Pembelajaran <br/ >Proyek ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika ke dalam kurikulum Merdeka Belajar. Ini mencakup penggunaan sumber daya lokal, kolaborasi antara siswa, dan pemahaman tentang keberagaman budaya. <br/ > <br/ >② Bagian kedua: Penggunaan Metode Aktif <br/ >Metode pembelajaran aktif digunakan dalam proyek ini untuk merangsang keterlibatan siswa secara langsung dalam proses belajar. Ini mencakup diskusi kelompok, presentasi, dan proyek praktis. <br/ > <br/ >③ Bagian ketiga: Hasil dan Temuan <br/ >Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dan wawasan global siswa setelah mengikuti proyek ini. Mereka dapat menganalisis informasi dengan lebih baik dan memahami perbedaan budaya dengan lebih baik. <br/ > <br/ >4. Kesimpulan: <br/ >Penerapan proyek pembelajaran Bhineka Tunggal Ika berbasis kurikulum Merdeka Belajar telah membawa manfaat signifikan bagi siswa kelas 4 di SDN Sumber Pinang 01 Jember. Dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan waw