Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 3 tentang Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret
Pendahuluan: Pendidikan matematika merupakan bagian penting dalam perkembangan siswa di sekolah dasar. Salah satu topik yang diajarkan adalah mengenai keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Namun, seringkali siswa sulit memahami konsep ini secara abstrak. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih konkret untuk membantu siswa memahami konsep tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang melalui penggunaan alat peraga konkret. Bagian: ① Latar Belakang: Pada umumnya, siswa kelas 3 masih dalam tahap perkembangan kognitif yang terbatas. Mereka lebih mudah memahami konsep matematika melalui pengalaman langsung dan penggunaan alat peraga konkret. Oleh karena itu, penggunaan alat peraga konkret dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan lebih baik. ② Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang melalui penggunaan alat peraga konkret. Dengan menggunakan alat peraga konkret, diharapkan siswa dapat memahami konsep ini secara lebih mendalam dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. ③ Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 62/VI Bedengan Rejo. Sebanyak 30 siswa kelas 3 menjadi subjek penelitian. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menggunakan alat peraga konkret dan kelompok yang tidak menggunakan alat peraga konkret. Selama beberapa minggu, kedua kelompok diberikan pembelajaran mengenai keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Namun, kelompok yang menggunakan alat peraga konkret juga diberikan kesempatan untuk bermain dan berlatih dengan alat peraga tersebut. ④ Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan alat peraga konkret memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga konkret. Mereka mampu mengaplikasikan konsep ini dalam berbagai situasi dan memberikan jawaban yang lebih akurat. Selain itu, siswa juga menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan: Penggunaan alat peraga konkret dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Dengan pendekatan yang lebih konkret, siswa dapat memvisualisasikan konsep ini dengan lebih baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan bagi guru-guru matematika untuk menggunakan alat peraga konkret dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah memahami konsep matematika dan mengembangkan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah.