Menjalankan Dua Tugas dengan Optimal: Membantu Peserta Didik dan Berperan dalam Pencegahan Kekerasa
Sebagai seorang guru, terkadang kita dihadapkan pada situasi di mana kita harus memprioritaskan beberapa tugas sekaligus. Dalam konteks ini, kita diminta untuk membantu seorang peserta didik yang membutuhkan dukungan dan juga menjadi perwakilan sekolah dalam Sosialisasi Pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di tingkat kabupaten. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi terbaik untuk menjalankan kedua tugas tersebut dengan optimal. Pertama-tama, penting untuk memahami kebutuhan siswa tersebut. Setelah kita memahami kebutuhan mereka, kita dapat mengembangkan rencana yang disesuaikan untuk membantu mereka meningkatkan diri. Ini bisa melibatkan memberikan tugas tambahan presentasi atau memberikan kesempatan presentasi sederhana pada siswa tersebut, diberi pujian, dan kemudian pada sesi berikutnya makin kompleks. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa tersebut untuk tampil dan mendapatkan pujian, kita dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan membantu mereka mengembangkan keterampilan presentasi mereka. Selain itu, penting untuk menunaikan tugas sekolah sebagai Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dan menghubungi orang tua siswa untuk menangani masalah ini. Dengan melibatkan orang tua siswa, kita dapat memastikan bahwa siswa tersebut mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan di luar kelas. Orang tua siswa dapat memberikan dukungan tambahan di rumah dan membantu siswa tersebut mengatasi masalah yang mereka hadapi. Selanjutnya, penting untuk mendahulukan penugasan dari sekolah dan mengabaikan hal tersebut karena itu wajar sebagai bagian dari perkembangan siswa tersebut. Dengan fokus pada penugasan dari sekolah, kita dapat memastikan bahwa siswa tersebut memenuhi kriteria akademik dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan. Terakhir, penting untuk menunaikan tugas dari sekolah dan menjadwalkan untuk mengadakan percakapan pribadi dengan siswa tersebut agar memahami penyebab masalah yang dihadapinya dan menemukan jalan keluarnya. Dengan melakukan ini, kita dapat membangun hubungan yang kuat dengan siswa tersebut dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk mengatasi masalah mereka. Dalam kesimpulan, menjalankan dua tugas dengan optimal memerlukan perencanaan yang baik dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan siswa tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, kita dapat membantu siswa tersebut meningkatkan diri dan berperan aktif dalam pencegahan kekerasan.