Merangkai Huruf "H" dengan Seru: Penerapan UbD di Kelas 1 Bahasa Indonesia ##

4
(342 votes)

Pendahuluan: Pembelajaran di kelas 1, khususnya Bahasa Indonesia, membutuhkan pendekatan yang menarik dan efektif untuk membantu siswa memahami konsep dasar. Salah satu prinsip pembelajaran yang dapat diterapkan adalah UbD (Understanding by Design). Prinsip ini menekankan pada pemahaman mendalam dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Rancangan Pembelajaran dengan UbD: 1. Tahap 1: Menentukan Tujuan Pembelajaran * Tujuan Umum: Siswa mampu mengenal huruf "h" dan melafalkannya dengan benar. * Tujuan Khusus: * Siswa dapat menyebutkan nama huruf "h". * Siswa dapat menulis huruf "h" dengan benar. * Siswa dapat menemukan kata-kata yang diawali dengan huruf "h" dalam lingkungan sekitar. 2. Tahap 2: Menentukan Penilaian * Penilaian Awal: Guru dapat melakukan tanya jawab sederhana untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang huruf "h". * Penilaian Proses: Guru dapat mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran, seperti saat menulis huruf "h" dan menemukan kata-kata yang diawali dengan huruf "h". * Penilaian Akhir: Guru dapat memberikan kuis sederhana untuk mengukur pemahaman siswa tentang huruf "h". 3. Tahap 3: Merancang Aktivitas Pembelajaran * Pembukaan: * Guru memperkenalkan huruf "h" dengan menggunakan gambar-gambar menarik yang diawali dengan huruf "h", seperti "harimau", "hewan", "hidung". * Guru mengajak siswa untuk menyebutkan nama gambar dan melafalkan huruf "h" dengan jelas. * Kegiatan Inti: * Aktivitas 1: Guru memberikan kartu huruf "h" dan meminta siswa untuk menulis huruf "h" di udara, di buku tulis, dan di papan tulis. * Aktivitas 2: Guru mengajak siswa bermain "Tebak Kata". Guru menyebutkan kata-kata yang diawali dengan huruf "h", dan siswa menebak kata tersebut. * Aktivitas 3: Guru mengajak siswa untuk menemukan kata-kata yang diawali dengan huruf "h" di lingkungan sekitar kelas. * Penutup: * Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. * Guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswa atas usaha dan partisipasinya dalam pembelajaran. Kesimpulan: Penerapan UbD dalam pembelajaran mengenal huruf "h" di kelas 1 Bahasa Indonesia dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih mendalam dan menyenangkan. Dengan melibatkan siswa dalam proses belajar, guru dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan memotivasi siswa untuk belajar dengan antusias.