**\x0a Pembelajaran Demokrasi di Sekolah: Membangun Hak dan Kewajiban sebagai Warga\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**
<br/ > <br/ > Pembelajaran demokrasi merupakan bagian penting dalam pendidikan, terutama dalam konteks pembentukan karakter siswa sebagai warga yang bertanggung jawab. Dalam konteks ini, guru kelas III SD memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan tema "Kewajiban dan Hakku di Rumah" dengan kompetensi dasar 3.2, yaitu mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah, serta 4.2, yaitu melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. <br/ > <br/ > Untuk mencapai tujuan ini, guru dapat mengembangkan beberapa langkah-langkah dalam proses pembelajaran demokratis: <br/ > <br/ > a. Diskusi Kelas: <br/ > - Memfasilitasi diskusi kelompok untuk membahas hak dan kewajiban sebagai warga rumah. <br/ > - Mendorong siswa untuk berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana mereka melaksanakan kewajiban mereka di rumah. <br/ > <br/ > b. Permainan peran: <br/ > - Melakukan permainan peran yang memerankan situasi sehari-hari di rumah, seperti makan bersama atau membersihkan rumah. <br/ > - Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai anggota keluarga dan menunjukkan pemahaman mereka tentang hak dan kewajiban. <br/ > <br/ > c. Proyek Kelas: <br/ > - Menugaskan proyek kelompok yang melibatkan penelitian tentang hak dan kewajiban warga negara. <br/ > - Mendorong siswa untuk mencari sumber informasi yang akurat dan relevan serta menyusun laporan yang informatif. <br/ > <br/ > d. Debat Kelas: <br/ > - Mengorganisir debat tentang isu-isu sosial atau politik terkait dengan hak dan kewajiban warga negara. <br/ > - Mendorong siswa untuk menyampaikan argumen mereka dengan logika yang kuat dan bukti yang relevan. <br/ > <br/ > e. **