**\x0a - "Menggali Dunia Kreatif: Tujuan Membuat Karya Seni Rupa dalam Pendidikan di SD"\x0a\x0a2. **
<br/ > <br/ > a. Pendahuluan: <br/ > - Menjelaskan pentingnya pendidikan seni rupa di tahap awal pendidikan, khususnya di SD. <br/ > - Menyoroti tujuan utama artikel, yaitu menggali tujuan membuat karya seni rupa dalam konteks pendidikan di SD. <br/ > <br/ > b. Peran Seni Rupa dalam Pendidikan SD: <br/ > - Membahas bagaimana seni rupa dapat membantu perkembangan kognitif, kreativitas, dan emosi anak-anak di SD. <br/ > - Menyoroti pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berekspresi melalui seni rupa. <br/ > <br/ > c. Tujuan Membuat Karya Seni Rupa di SD: <br/ > - Mendiskusikan berbagai tujuan yang ingin dicapai melalui pembuatan karya seni rupa di lingkungan pendidikan SD. <br/ > - Meliputi pengembangan keterampilan motorik halus, pemecahan masalah, kerja sama, dan peningkatan pemahaman subjek lain. <br/ > <br/ > d. Contoh Praktik yang Berhasil: <br/ > - Memberikan contoh konkret dari proyek seni rupa yang telah dilakukan di sekolah-sekolah SD dengan tujuan yang spesifik. <br/ > - Menyoroti dampak positif dari praktik tersebut terhadap siswa dan lingkungan sekolah. <br/ > <br/ > e. Harapan dan Perspektif Masa Depan: <br/ > - Menggambarkan harapan bahwa seni rupa akan terus menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan di SD. <br/ > - Menyoroti potensi perkembangan lebih lanjut dalam mengintegrasikan seni rupa dengan subjek lain untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik. <br/ > <br/ >3. Kesimpulan:** <br/ > - Merangkum pentingnya inklusi seni rupa dalam pendidikan di tahap awal perkembangan anak-anak. <br/ > - Menegaskan bahwa pembuatan karya seni rupa memiliki tujuan yang spesifik dan beragam dalam konteks pendidikan di SD. <br/ > <br/ >