Nusantara Jaya: Mengadaptasi Sistem Pendidikan Negara-negara Maju untuk Sistem Pendidikan Indonesia yang Berkualitas
Pendidikan adalah alat penting untuk setiap negara, karena memainkan peran penting dalam membentuk masa depan dan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan. Sistem pendidikan, yang mencakup kurikulum, metode pengajaran, dan infrastruktur, memainkan peran penting dalam membentuk pendidikan dan menghasilkan generasi yang terampil dan berdaya. Di Indonesia, sistem pendidikan telah menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurikulum yang merdeka dan kurangnya investasi dalam pendidikan. Sistem pendidikan Indonesia telah menghadapi tantangan dalam beberapa tahun terakhir, dengan peringatan dari organisasi internasional seperti UNESCO dan World Bank. Menurut laporan UNESCO, Indonesia memiliki salah satu sistem pendidikan paling rendah di antara negara-negara berkembang, dengan tingkat melebihi 10% dari penduduk yang tidak mampu menghadiri sekolah. Kurikulum merdeka Indonesia telah dikritik karena kurangnya fokus pada keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk keberhasilan di pasar kerja global. Untuk mengatasi tantangan ini, tim penelitian kami telah mengembangkan kurikulum Nusantara Jaya, yang diadaptasi dari sistem pendidikan negara-negara maju seperti Amerika dan Finlandia. Kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip Pancasila dan dirancang untuk mempromosikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk keberhasilan di pasar kerja global. Kurikulum Nusantara Jaya menekankan pada keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan interpersonal, yang semuanya dianggap sebagai keterampilan penting untuk keberhasilan di pasar kerja global. Ini juga menekankan pada pembelajaran berbasis penilaian, yang telah terbukti meningkatkan hasil pendidikan dan meningkatkan keterlibatan siswa. Tim penelitian kami telah bekerja sama dengan para ahli pendidikan dan praktisi di Amerika dan Finlandia untuk mengembangkan kurikulum Nusantara Jaya, dan kami percaya bahwa ini akan menjadi solusi bagi tantangan pendidikan Indonesia. Kami berharap bahwa kurikulum ini akan membantu meningkatkan hasil pendidikan dan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan generasi masa depan Indonesia. Sumber: * UNESCO. (2019). World Inequality Database on Education. Retrieved from <http://uis.unesco.org/en/education > * World Bank. (2018). World Development Report 2018: Learning to Realize Education’s Promise. Retrieved from <http://www.worldbank.org/en/publication/wdr2018 > * Tim Penelitian Kurikulum Nusantara Jaya. (2021). Kurikulum Nusantara Jaya: Mengadaptasi Sistem Pendidikan Negara-negara Maju untuk Sistem Pendidikan Indonesia yang Berkualitas.