Hakikat Pendidikan Umum dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesi

4
(200 votes)

Pendidikan adalah proses yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk membentuk dan mengembangkan potensi diri seseorang atau sekelompok orang (peserta didik) agar memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan oleh diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negaranya. Dalam konteks sistem pendidikan nasional di Indonesia, tujuan utamanya adalah menc kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Manusia Indonesia yang ideal adalah mereka yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab terhadap kemasyarakatan dan kebangsaan. Pendidikan dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada aspek moral, spiritual, dan sosial. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa pendidikan seharusnya menghasilkan manusia yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten, dan menguasai iptek, serta memiliki komitmen tinggi untuk berbagai peran sosial. Dalam melaksanakan tujuan ini, sistem pendidikan nasional di Indonesia mengadopsi pendekatan karakteristik yang menekankan pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral pada peserta didik. Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai luhur bangsa dan negara ke dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia tidak hanya berfokus pada pencapaian prestasi akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan negara. Dalam konteks ini, pendidikan di Indonesia diarahkan untuk menghasilkan manusia yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tang jawab terhadap kemasyarakatan dan kebangsaan. Hal ini sesuai dengan visi dan misi sistem pendidikan nasional di Indonesia yang menekankan pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral pada peserta didik. Dalam kesimpulannya, hakikat pendidikan umum dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan di Indonesia tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada aspek moral, spiritual, dan sosial. Dalam melaksanakan tujuan ini, sistem pendidikan nasional di Indonesia mengadopsi pendekatan karakteristik yang menekankan pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral pada peserta didik. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia diarahkan untuk menghasilkan manusia yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab terhadap kemasyarakatan dan kebangsaan.