Teori Asosiasi dalam Proses Belajar Menurut Edward Lee Thorndike
Edward Lee Thorndike adalah seorang psikolog Amerika yang terkenal dengan kontribusinya dalam bidang pembelajaran dan psikologi pendidikan. Salah satu teori yang dikemukakannya adalah teori asosiasi dalam proses belajar. Menurut Thorndike, belajar terjadi melalui pembentukan asosiasi antara stimulus (S) dan respon (R). Stimulus dalam konteks ini adalah perubahan dari lingkungan eksternal yang menjadi tanda untuk mengaktifkan organisme untuk beraksi atau berbuat. Stimulus dapat berupa suara, gambar, atau rangsangan lainnya yang diterima oleh individu. Respon, di sisi lain, adalah tingkah laku yang dimunculkan oleh individu sebagai hasil dari adanya stimulus. Dalam teori asosiasi Thorndike, belajar terjadi ketika stimulus dan respon terhubung secara erat. Ketika individu mengalami stimulus tertentu, mereka akan merespons dengan tingkah laku yang sesuai. Jika respon tersebut memberikan hasil yang memuaskan, maka asosiasi antara stimulus dan respon akan diperkuat, dan individu akan cenderung mengulangi tingkah laku tersebut di masa depan. Contoh sederhana dari teori asosiasi ini adalah ketika seseorang mencium aroma makanan yang lezat (stimulus), mereka akan merespon dengan rasa lapar dan keinginan untuk makan (respon). Jika mereka kemudian makan makanan tersebut dan merasa puas, asosiasi antara aroma makanan dan rasa lapar akan diperkuat, dan mereka akan cenderung merespons dengan rasa lapar setiap kali mereka mencium aroma makanan yang serupa. Teori asosiasi Thorndike memiliki implikasi yang penting dalam konteks pendidikan. Dalam proses pembelajaran, guru dapat menggunakan stimulus yang relevan dan efektif untuk memicu respon yang diinginkan dari siswa. Dengan memahami bagaimana asosiasi terbentuk, guru dapat merancang pengalaman belajar yang lebih efektif dan memfasilitasi pembentukan asosiasi yang kuat antara stimulus pembelajaran dan respon siswa. Dalam kesimpulan, teori asosiasi dalam proses belajar menurut Edward Lee Thorndike menjelaskan bahwa belajar terjadi melalui pembentukan asosiasi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah perubahan dari lingkungan eksternal yang menjadi tanda untuk mengaktifkan organisme untuk beraksi atau berbuat, sedangkan respon adalah tingkah laku yang dimunculkan karena adanya stimulus. Teori ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan, di mana guru dapat menggunakan stimulus yang relevan dan efektif untuk memicu respon yang diinginkan dari siswa.