Alur Pembelajaran Kegiatan Guru dan Siswa Model Pembelajaran PBL
Pendahuluan: Model pembelajaran PBL (Problem-Based Learning) adalah pendekatan yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dunia nyata. Dalam model ini, peran guru dan siswa sangat penting dalam mengatur alur pembelajaran. Artikel ini akan membahas alur pembelajaran kegiatan guru dan siswa dalam model pembelajaran PBL. Bagian: ① Bagian pertama: Penentuan masalah. Guru memperkenalkan masalah dunia nyata kepada siswa. Siswa diberi kesempatan untuk memahami masalah dan mengidentifikasi pertanyaan yang perlu dijawab. ② Bagian kedua: Penelitian dan eksplorasi. Siswa melakukan penelitian dan eksplorasi untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Guru memberikan panduan dan sumber daya yang diperlukan. ③ Bagian ketiga: Kolaborasi dan diskusi. Siswa bekerja dalam kelompok untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam mencari solusi untuk masalah yang dihadapi. Guru memfasilitasi diskusi dan memberikan umpan balik yang konstruktif. ④ Bagian keempat: Presentasi dan refleksi. Siswa mempresentasikan solusi mereka kepada kelas dan menerima umpan balik dari guru dan teman sekelas. Mereka juga merefleksikan proses pembelajaran dan mengidentifikasi pembelajaran yang telah mereka peroleh. Kesimpulan: Alur pembelajaran kegiatan guru dan siswa dalam model pembelajaran PBL melibatkan penentuan masalah, penelitian dan eksplorasi, kolaborasi dan diskusi, serta presentasi dan refleksi. Dalam model ini, guru berperan sebagai fasilitator dan siswa aktif terlibat dalam memecahkan masalah dunia nyata.