Negosiasi dengan Guru untuk Menunda Ulangan

4
(288 votes)

Pada suatu hari setelah pelajaran olahraga, Lia, Ali, dan Dani, siswa kelas X MIPA, meminta Bu Mia, guru Bahasa Indonesia mereka, untuk menunda ulangan. Mereka merasa lelah dan ingin istirahat sejenak sebelum mengikuti ulangan. Lia, sebagai ketua kelas, memutuskan untuk berbicara dengan Bu Mia untuk meminta penundaan ulangan. Dengan sopan, Lia menghadap Bu Mia dan meminta izin untuk berbicara sebentar. Bu Mia, yang awalnya tampak kaku, menanyakan apa yang ingin dia sampaikan. Lia menjelaskan bahwa mereka belum selesai berganti pakaian karena baru saja mengikuti ujian lari di stadion. Mereka khawatir akan ketinggalan ulangan jika mereka pergi minum dan berganti pakaian terlebih dahulu. Setelah mendengar penjelasan Lia, Bu Mia menjadi lebih ramah dan memahami situasi mereka. Dia menyetujui permintaan mereka untuk istirahat selama 15 menit dan menunda ulangan hingga minggu depan. Bu Mia juga menyarankan agar mereka menggunakan waktu istirahat untuk latihan soal. Lia dan teman-temannya merasa lega dan berterima kasih kepada Bu Mia atas pengertian dan kesempatannya untuk istirahat sejenak. Mereka menyadari pentingnya berkomunikasi dengan guru secara sopan dan jelas untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Dalam situasi ini, siswa-siswa tersebut berhasil menggunakan keterampilan negosiasi mereka untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan. Mereka mengajukan permintaan dengan sopan dan memberikan alasan yang masuk akal kepada Bu Mia. Keberhasilan mereka menunjukkan pentingnya komunikasi yang efektif dalam mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan antara siswa dan guru.