Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan IPS di SD: Membangun Kesadaran Hukum dan Ketertiban"\x0a\x0a2.

4
(261 votes)

<br/ > <br/ > a. Pendahuluan: <br/ > - Menggambarkan perubahan dunia yang disebabkan oleh globalisasi. <br/ > - Menyatakan pentingnya pendidikan IPS di SD dalam menghadapi tantangan globalisasi. <br/ > <br/ > b. Hubungan Masalah Hukum, Ketertiban, dan Kesadaran Hukum dengan Pendidikan IPS di SD: <br/ > - Membahas peran hukum, ketertiban, dan kesadaran hukum dalam masyarakat. <br/ > - Menjelaskan bagaimana masalah ini terkait dengan pendidikan IPS di SD. <br/ > <br/ > c. Peran Guru sebagai fasilitator dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran: <br/ > - Menekankan pentingnya peran guru dalam mengajarkan IPS di SD. <br/ > - Membahas pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model yang digunakan dalam proses pembelajaran. <br/ > <br/ > d. Analisis Perbedaan Pendekatan, Strategi Pembelajaran, Metode, Teknik, dan Model dalam Pembelajaran IPS di SD: <br/ > - Membandingkan berbagai pendekatan dan metode yang digunakan dalam mengajarkan IPS di SD. <br/ > - Menyatakan kelebihan dan kekurangan dari setiap pendekatan. <br/ > <br/ > e. Rancangan Ranah dan Tingkat Siswa dalam Perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (RPP) IPS di SD Kelas Rendah: <br/ > - Menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk merancang RPP yang efektif. <br/ > - Memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana merancang RPP untuk mengajarkan IPS di SD kelas rendah. <br/ > <br/ > f. Penerapan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Tepat dalam Mengajarkan IPS di SD Kelas Rendah: <br/ > - Membahas langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk menerapkan model RPP yang efektif. <br/ > - Memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana menerapkan model RPP untuk mengajarkan IPS di SD kelas rendah. <br/ > <br/ >3. Penutup: <br/ >- Merang