Peran Aktif Generasi Alpha dalam Pemanfaatan Teknologi Edukasi untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Era Society 5.
<br/ >Generasi Alpha, yang lahir antara tahun 2010 dan 2025, tumbuh dalam era teknologi yang terus berkembang pesat. Dalam konteks pendidikan, peran aktif generasi ini sangat penting dalam memanfaatkan teknologi edukasi untuk menciptakan pembelajaran inovatif dan produktif. Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana generasi Alpha dapat beradaptasi dengan pembelajaran inovatif berbasis teknologi dalam perubahan era Society 5.0. <br/ > <br/ >Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa generasi Alpha memiliki paparan teknologi yang lebih dini dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk lebih cepat beradaptasi dengan berbagai platform pembelajaran digital. Dengan kemampuan adaptasi yang baik, generasi Alpha mampu memanfaatkan teknologi edukasi secara maksimal untuk mendukung proses pembelajaran yang inovatif. <br/ > <br/ >Selain itu, generasi Alpha juga cenderung memiliki kreativitas yang tinggi dalam menggunakan teknologi. Mereka mampu menggabungkan berbagai sumber daya digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan produktif. Dengan demikian, peran aktif generasi Alpha dalam menciptakan pembelajaran inovatif dan produktif sangatlah signifikan. <br/ > <br/ >Dalam era Society 5.0, di mana teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, generasi Alpha memiliki kesempatan untuk memanfaatkan teknologi tersebut dalam pembelajaran. Mereka dapat belajar tentang kecerdasan buatan, memahami konsep-konsep teknologi mutakhir, dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran mereka. <br/ > <br/ >Dengan demikian, melalui peran aktif generasi Alpha dalam pemanfaatan teknologi edukasi, pendidikan berkualitas di era Society 5.0 dapat terwujud. Generasi Alpha membawa harapan baru dalam menciptakan pembelajaran inovatif dan produktif berbasis teknologi, yang sesuai dengan tuntutan zaman yang terus berubah.