Minat Siswa Kelas VIIA terhadap Dua Jenis Bacaan

4
(260 votes)

Dalam kelas VIIA, seorang guru ingin mengetahui minat siswa terhadap dua jenis bacaan yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami preferensi siswa dalam membaca dan mengidentifikasi jenis bacaan yang paling diminati oleh mereka. Untuk mencapai tujuan ini, guru memberikan dua jenis bacaan kepada siswa. Jenis bacaan pertama adalah buku fiksi, yang mencakup cerita pendek, novel, dan cerita petualangan. Jenis bacaan kedua adalah buku nonfiksi, yang mencakup buku teks, buku referensi, dan buku ilmiah. Setelah memberikan bacaan kepada siswa, guru meminta mereka untuk mengisi survei singkat yang berisi pertanyaan tentang minat mereka terhadap kedua jenis bacaan tersebut. Survei ini mencakup pertanyaan tentang preferensi siswa, alasan mereka memilih jenis bacaan tertentu, dan apakah mereka lebih suka membaca buku fiksi atau nonfiksi. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lebih tertarik pada buku fiksi daripada buku nonfiksi. Alasan utama yang disebutkan oleh siswa adalah bahwa buku fiksi dapat membawa mereka ke dunia imajinasi yang menarik dan menghibur. Mereka juga menyukai karakter dan plot yang menarik dalam buku fiksi. Namun, ada juga sejumlah siswa yang lebih suka membaca buku nonfiksi. Alasan yang mereka berikan adalah bahwa buku nonfiksi memberikan pengetahuan dan informasi yang berguna. Mereka merasa bahwa membaca buku nonfiksi dapat membantu mereka belajar tentang topik yang menarik dan memperluas pengetahuan mereka. Berdasarkan hasil survei ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIIA lebih tertarik pada buku fiksi daripada buku nonfiksi. Namun, ada juga sejumlah siswa yang memiliki minat pada buku nonfiksi. Oleh karena itu, penting bagi guru dan sekolah untuk menyediakan berbagai jenis bacaan yang sesuai dengan minat dan preferensi siswa, sehingga mereka dapat terus mengembangkan kecintaan mereka terhadap membaca.