Langkah Pertama dalam Melaksanakan Penilaian Kinerja Sisw
Dalam melaksanakan penilaian kinerja siswa, langkah pertama yang dilakukan oleh guru adalah mengidentifikasi langkah-langkah penting yang akan memengaruhi hasil akhir. Hal ini penting untuk memastikan bahwa penilaian dilakukan dengan tepat dan objektif. Setelah mengidentifikasi langkah-langkah penting, guru kemudian menuliskan perilaku kemampuan-kemampuan spesifik yang akan diukur dalam memperoleh hasil akhir. Misalnya, jika penilaian kinerja siswa berkaitan dengan kemampuan berbicara di depan umum, guru dapat menuliskan perilaku seperti penggunaan bahasa yang jelas dan terstruktur, penggunaan bahasa tubuh yang tepat, dan kemampuan menyampaikan pesan dengan percaya diri. Selanjutnya, guru perlu mendefinisikan kriteria kemampuan-kemampuan yang akan diukur. Kriteria ini harus jelas dan terukur, sehingga siswa dapat memahami apa yang diharapkan dari mereka. Misalnya, jika penilaian kinerja siswa berkaitan dengan kemampuan menulis esai, kriteria yang dapat ditetapkan adalah struktur esai, penggunaan bahasa yang tepat, dan kejelasan argumen. Terakhir, guru perlu mengurutkan kriteria-kriteria kemampuan yang akan diukur. Hal ini penting untuk memastikan bahwa penilaian dilakukan secara sistematis dan terorganisir. Guru dapat menggunakan skala penilaian atau rubrik untuk membantu dalam mengurutkan kriteria-kriteria tersebut. Dalam melaksanakan penilaian kinerja siswa, langkah-langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa penilaian dilakukan dengan adil dan objektif. Dengan mengidentifikasi langkah-langkah penting, menuliskan perilaku kemampuan-kemampuan spesifik, mendefinisikan kriteria kemampuan, dan mengurutkan kriteria-kriteria tersebut, guru dapat memberikan penilaian yang akurat dan bermanfaat bagi perkembangan siswa.