Metode Perhitungan Harga Pokok Produk PT Fepagi

4
(252 votes)

PT Fepagi adalah perusahaan yang memproduksi 3 jenis produk. Dalam tahun 2023, total biaya produksi yang dimasukkan adalah sebagai berikut: - Biaya bahan baku: Rp 250.000.000 - Biaya upah langsung: Rp 175.000.000 - Biaya overhead pabrik: Rp 190.000.000 Jumlah total biaya produksi adalah Rp 615.000.000. Selain itu, terdapat persediaan awal yang masih melekat dari tahun sebelumnya sebesar Rp 75.000.000. Pemakaian bahan baku untuk masing-masing produk adalah sebagai berikut: 40% untuk produk A, 30% untuk produk B, dan 30% untuk produk C. Harga jual masing-masing produk adalah sebagai berikut: Rp 300.000 untuk produk A, Rp 275.000 untuk produk B, dan Rp 250.000 untuk produk C. Pada akhir tahun 2020, nilai produk yang masih tersisa adalah Rp 62.500.000. Unit yang diproduksi untuk masing-masing produk adalah sebagai berikut: - Produk A: 3.000 unit - Produk B: 2.750 unit - Produk C: 2.600 unit Dalam artikel ini, akan dihitung harga pokok masing-masing produk dengan menggunakan 3 metode berikut: 1. Metode rata-rata tertimbang 2. Metode relatif harga jual 3. Metode unit produksi Dengan menggunakan ketiga metode ini, PT Fepagi dapat menentukan harga pokok produknya dengan lebih akurat dan efisien.