Uji Keseragaman Variansi dalam Ujian Hasil Belajar IPS
Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang uji keseragaman variansi dalam ujian hasil belajar IPS. Uji ini bertujuan untuk menentukan apakah variansi dari kelompok-kelompok yang berbeda dalam ujian tersebut sama atau tidak. Dalam hal ini, kita akan menggunakan metode uji Levene. Hasil uji Levene menunjukkan bahwa terdapat beberapa metode yang digunakan untuk menghitung variansi dalam ujian hasil belajar IPS. Berdasarkan mean, diperoleh nilai statistik Levene sebesar 617 dengan df1=1 dan df2=58, serta nilai signifikansi sebesar 0,435. Sedangkan berdasarkan median, diperoleh nilai statistik Levene sebesar 689 dengan df1=1 dan df2=58, serta nilai signifikansi sebesar 0,410. Selain itu, terdapat juga metode yang menggunakan median dengan df yang telah disesuaikan. Dalam hal ini, diperoleh nilai statistik Levene sebesar 689 dengan df1=1 dan df2=57,906, serta nilai signifikansi sebesar 0,410. Terakhir, metode yang menggunakan trimmed mean menghasilkan nilai statistik Levene sebesar 706 dengan df1=1 dan df2=58, serta nilai signifikansi sebesar 0,404. Dari hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam variansi antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam ujian hasil belajar IPS. Hal ini menunjukkan bahwa variansi dari kelompok-kelompok tersebut dapat dianggap sama. Dalam penelitian ini, uji keseragaman variansi sangat penting untuk memastikan bahwa hasil belajar IPS yang diperoleh dari kelompok-kelompok yang berbeda tidak dipengaruhi oleh perbedaan variansi. Dengan demikian, hasil ujian dapat dianggap valid dan dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal penilaian hasil belajar IPS. Dalam kesimpulan, uji keseragaman variansi dalam ujian hasil belajar IPS menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam variansi antara kelompok-kelompok yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dari kelompok-kelompok tersebut dapat dianggap sama. Oleh karena itu, hasil ujian dapat dianggap valid dan dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal penilaian hasil belajar IPS.