Identifikasi Masalah dalam Pembelajaran IPA
Pendahuluan: Pembelajaran IPA melibatkan proses produksi, sikap, dan pengetahuan. Namun, siswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep benda padat dan benda cair. Masalah ini perlu diidentifikasi dan diatasi. Bagian: ① Masalah yang dihadapi: Siswa kesulitan dalam memahami sifat-sifat benda padat dan benda cair. Banyak siswa belum mencapai KKM dan KKW yang ditetapkan. ② Dampak masalah: Siswa yang belum memahami materi pembelajaran ini memiliki nilai yang rendah dan kesulitan dalam mengikuti pelajaran selanjutnya. ③ Analisis masalah: Jumlah siswa yang belum mampu memahami materi ini mencapai 64.2895%. Hal ini menunjukkan adanya masalah dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan: Identifikasi masalah dalam pembelajaran IPA adalah langkah awal yang penting untuk meningkatkan pemahaman siswa. Masalah ini perlu ditangani dengan strategi yang tepat untuk memastikan siswa dapat menguasai konsep benda padat dan benda cair dengan baik.