Bagaimana Kurikulum Merdeka Mempengaruhi KKM dan Hasil Belajar Siswa?
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi sekolah dan guru untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Hal ini tentu saja berdampak pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan hasil belajar siswa. <br/ > <br/ >#### Fleksibilitas KKM dalam Kurikulum Merdeka <br/ > <br/ >Salah satu perubahan signifikan dalam Kurikulum Merdeka adalah fleksibilitas dalam menentukan KKM. KKM tidak lagi dipukul rata secara nasional, melainkan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi capaian pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta kondisi dan sarana prasarana sekolah. Fleksibilitas ini memungkinkan sekolah untuk menetapkan target pembelajaran yang realistis dan sesuai dengan kemampuan siswanya. <br/ > <br/ >#### Penekanan pada Kompetensi Esensial dan Pengembangan Karakter <br/ > <br/ >Kurikulum Merdeka menekankan pada kompetensi esensial dan pengembangan karakter. Fokus pembelajaran tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. KKM pun disusun dengan mempertimbangkan hal ini. Misalnya, selain menguasai materi pelajaran, siswa juga dituntut untuk menunjukkan sikap gotong royong, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah. <br/ > <br/ >#### Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa dan Inovatif <br/ > <br/ >Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa dan inovatif. Guru memiliki kebebasan untuk memilih metode pembelajaran yang paling efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kolaboratif semakin digalakkan. Hal ini mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri dalam belajar. <br/ > <br/ >#### Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran <br/ > <br/ >Kurikulum Merdeka mendorong pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Platform pembelajaran daring, media interaktif, dan sumber belajar digital dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. KKM pun dapat diukur dengan memanfaatkan teknologi, misalnya melalui penilaian berbasis komputer atau platform pembelajaran daring. <br/ > <br/ >#### Dampak Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa <br/ > <br/ >Penerapan Kurikulum Merdeka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara holistik. Fleksibilitas dalam menentukan KKM, penekanan pada kompetensi esensial, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan. <br/ > <br/ >Siswa diharapkan dapat mengembangkan potensi diri secara optimal, memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa penerapan Kurikulum Merdeka masih dalam tahap awal. Diperlukan evaluasi dan penyempurnaan secara berkala agar implementasinya dapat berjalan optimal dan mencapai tujuan yang diharapkan. <br/ > <br/ >Kurikulum Merdeka membawa perubahan signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Fleksibilitas KKM dan fokus pada pengembangan holistik siswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter. <br/ >