Transformative Learning dalam Pendidikan Kesetaraan: Refleksi Mahasisw

4
(250 votes)

Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling adalah bentuk pendidikan non formal yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar di luar lingkungan sekolah formal. Dalam konteks ini, pembelajaran di Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling dapat membawa peserta didiknya mengalami transformative learning. Transformative learning adalah proses di mana individu mengubah pemahaman, perspektif, dan identitas mereka melalui pengalaman pembelajaran yang signifikan. Pembelajaran di Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling menawarkan kebebasan dan fleksibilitas yang tidak ditemukan dalam pendidikan formal. Peserta didik memiliki kontrol penuh atas waktu, tempat, dan metode pembelajaran mereka. Mereka dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat mereka sendiri. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemandirian, tanggung jawab, dan motivasi intrinsik dalam belajar. Tantangan global saat ini menuntut individu untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran sepanjang hayat. Mereka belajar untuk mengelola waktu, mengatur diri sendiri, dan mencari sumber daya yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Proses ini membantu peserta didik menjadi mandiri dan siap menghadapi tantangan di dunia nyata. Pengalaman pembelajaran transformatif pada peserta didik dalam situasi budaya sekolah alternatif juga merupakan aspek penting dari Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling. Peserta didik dapat belajar dalam lingkungan yang mendukung dan inklusif, di mana mereka merasa diterima dan dihargai. Mereka dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri mereka sendiri, nilai-nilai mereka, dan peran mereka dalam masyarakat. Proses ini membantu peserta didik mengembangkan identitas yang kuat dan percaya diri. Dalam tinjauan dari transformative learning theory, pembelajaran di Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling dapat membawa peserta didiknya mengalami perubahan yang signifikan dalam pemahaman, perspektif, dan identitas mereka. Peserta didik dapat mengembangkan kemandirian, tanggung jawab, dan motivasi intrinsik dalam belajar. Mereka juga dapat mengembangkan keterampilan pembelajaran sepanjang hayat dan mengalami pengalaman pembelajaran yang transformatif dalam lingkungan yang mendukung dan inklusif. Dalam kesimpulan, Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling dapat membawa peserta didiknya mengalami transformative learning. Peserta didik dapat mengembangkan kemandirian, tanggung jawab, dan motivasi intrinsik dalam belajar. Mereka juga dapat mengembangkan keterampilan pembelajaran sepanjang hayat dan mengalami pengalaman pembelajaran yang transformatif dalam lingkungan yang mendukung dan inklusif. Pendidikan Kesetaraan atau Home Schooling memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengubah pemahaman, perspektif, dan identitas mereka melalui pengalaman pembelajaran yang signifikan.