Pembelajaran dari Rumah: Satuan Pembelajaran Terpadu untuk Siswa dan Orang Tu

4
(244 votes)

Pendahuluan Dalam menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan sementara pembelajaran tatap muka di sekolah dan mengalihkannya menjadi pembelajaran dari rumah. Hal ini menuntut adanya pengembangan satuan pembelajaran terpadu yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan kolaborasi orang tua. Artikel ini akan membahas satu subtema yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam merancang satuan pembelajaran terpadu, serta berbagai kegiatan pembelajaran dan evaluasi yang dapat dilaksanakan secara mandiri oleh siswa dengan kolaborasi orang tua. Subtema: Kebersihan Diri dan Lingkungan di Masa Pandemi Kegiatan Pembelajaran 1. Pengenalan tentang Pentingnya Kebersihan Diri dan Lingkungan - Siswa dapat melakukan penelusuran informasi melalui internet atau buku-buku referensi yang ada di rumah untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan di masa pandemi. - Diskusi bersama orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep kebersihan diri dan lingkungan. 2. Praktik Membersihkan Diri dan Lingkungan - Siswa melakukan praktik membersihkan diri dan lingkungan sekitar rumah dengan bimbingan orang tua. - Membuat jurnal kegiatan praktik membersihkan diri dan lingkungan yang dilakukan selama seminggu. 3. Kreativitas dalam Menyampaikan Pesan Kebersihan - Siswa membuat poster atau video pendek yang menyampaikan pesan tentang pentingnya kebersihan diri dan lingkungan di masa pandemi. - Presentasi hasil karya kepada orang tua dan teman-teman secara virtual. Evaluasi (Penilaian) 1. Penilaian Diri - Siswa mengevaluasi sejauh mana pemahaman dan penerapan konsep kebersihan diri dan lingkungan yang telah dilakukan. - Membuat rencana perbaikan untuk meningkatkan praktik kebersihan diri dan lingkungan di masa mendatang. 2. Refleksi Kolaboratif dengan Orang Tua - Siswa dan orang tua melakukan refleksi bersama terkait pembelajaran kebersihan diri dan lingkungan yang telah dilakukan. - Mencari solusi bersama untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan kebersihan di lingkungan sekitar. Penutup Satuan pembelajaran terpadu ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara mandiri dengan dukungan orang tua. Melalui variasi penggunaan media, seperti internet untuk mencari informasi, video call untuk presentasi, dan pembuatan poster atau video, siswa dapat mengembangkan keterampilan multimedia sekaligus memperdalam pemahaman tentang kebersihan diri dan lingkungan di masa pandemi. Diharapkan bahwa melalui kolaborasi antara siswa dan orang tua, pembelajaran dari rumah dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memperkuat hubungan antara siswa dan orang tua dalam proses pembelajaran.