Model Pelaksanaan Pembelajaran oleh Pak Dani di SD Lintang

4
(244 votes)

Pendahuluan: Kegiatan pembelajaran oleh Pak Dani di SD Lintang dilakukan dengan model yang tepat? Kegiatan pembelajaran di SD Lintang oleh Pak Dani merupakan contoh yang baik dalam melibatkan kedua kelas, yaitu kelas V dan VI. Pak Dani memulai kegiatan pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan di masing-masing ruang kelas selama 10 menit secara bergantian. Ia memberikan pengantar dan pengarahan umum di kelas V terlebih dahulu, kemudian beralih ke kelas VI. Dengan demikian, Pak Dani dapat memberikan perhatian yang sama kepada kedua kelas dan memastikan bahwa semua siswa mendapatkan pengantar yang jelas sebelum memulai materi pembelajaran. Kegiatan Inti dilakukan dengan baik oleh Pak Dani. Ia memulai pembelajaran di kelas V dengan menjelaskan materi faktor-faktor penyebab penjajahan di Indonesia. Sementara itu, kelas VI masih menunggu Pak Dani. Beberapa siswa kelas V mengajukan pertanyaan dan Pak Dani dengan sabar menjawabnya. Setelah menjelaskan materi, Pak Dani memberikan tugas kepada siswa, sehingga siswa dapat menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh. Selanjutnya, Pak Dani beralih ke ruang kelas VI untuk membelajarkan mengenai makna proklamasi kemerdekaan. Dengan cara ini, Pak Dani dapat memberikan materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa di setiap kelas. Kegiatan Penutup juga dilakukan dengan baik oleh Pak Dani. Setelah selesai membelajarkan materi di kelas VI, Pak Dani kembali ke Kelas V untuk melakukan riview materi dan menutup kegiatan pembelajaran selama 10 menit. Selanjutnya, Pak Dani menutup pembelajaran di Kelas VI selama 10 menit. Dengan melakukan penutup yang singkat namun efektif di setiap kelas, Pak Dani memastikan bahwa siswa memahami materi yang telah diajarkan dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan terakhir sebelum pembelajaran berakhir. Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani, dapat disimpulkan bahwa model pelaksanaan pembelajaran oleh Pak Dani di SD Lintang sudah tepat. Pak Dani berhasil melibatkan kedua kelas dengan memberikan pengantar, materi, dan penutup yang sesuai. Dengan pendekatan yang baik dan penuh perhatian, Pak Dani mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.