**\x0a - "Mengembangkan Kemampuan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian"\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**
<br/ > <br/ >### A. Kebutuhan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah <br/ > <br/ >#### 1. Kelas I Semester 1: <br/ > - Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. <br/ > - Membedakan berbagai bunyi bahasa. <br/ > - Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. <br/ > - Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. <br/ > <br/ >#### 2. Kelas I Semester 2: <br/ > - Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar. <br/ > - Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. <br/ > - Menyebutkan isi dongeng. <br/ > <br/ >#### 3. Kelas II Semester 1: <br/ > - Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. <br/ > - Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek. <br/ > - Mendeskripsikan isi puisi. <br/ > <br/ >#### 4. Kelas II Semester 2: <br/ > - Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan. <br/ > - Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain. <br/ > - Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya. <br/ > <br/ >#### 5. Kelas III Semester 1: <br/ > - Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cer yang dilisankan. <br/ > - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. <br/ > - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. <br/ > <br/ >#### 6. Kelas III Semester 2: <br/ > - Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan. <br/ > - Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. <br/ > - Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. <br/ > <br/ >### B. Tipe Artikel: <br/ > <br/ >- Tipe Artikel: Deskriptif <br/ > <br/ >Harap Diperhatikan: