Pengaruh Penerapan Strategi Inside Circle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Kuanino 2

4
(236 votes)

Strategi inside circle merupakan metode pengajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam strategi ini, siswa duduk dalam lingkaran dan berdiskusi langsung dengan guru. Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk meningkatkan interaksi siswa dengan guru dan teman sekelas, serta memperluas pemahaman siswa tentang topik yang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi inside circle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Kuanino 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan dengan mengirimkan kuesioner kepada siswa yang terlibat dalam proses belajar mengajar menggunakan strategi inside circle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inside circle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang terlibat dalam proses belajar mengajar menggunakan strategi inside circle menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai ujian dan tes. Hal ini menunjukkan bahwa strategi inside circle dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan memperluas pemahaman siswa tentang topik yang dibahas. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam proses belajar mengajar menggunakan strategi inside circle menunjukkan peningkatan keterlibatan dan interaksi dengan teman sekelas. Hal ini menunjukkan bahwa strategi inside circle dapat memperkuat hubungan sosial siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi inside circle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Kuanino 2. Strategi ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, memperluas pemahaman siswa, dan memperkuat hubungan sosial siswa. Oleh karena itu, penerapan strategi inside circle dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.