Perbaikan Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 020264 Binjai: Hasil Penelitian Tindakan Kelas

4
(282 votes)

Penelitian tindakan kelas telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 020264 Binjai untuk memperbaiki pembelajaran mata pelajaran IPS dengan fokus pada topik Transportasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, hasil yang dicapai belum memuaskan, namun pada siklus kedua, terdapat perbaikan yang signifikan. Sebelum penelitian dilakukan, hanya 45% dari 35 siswa di kelas IV yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Namun, setelah melalui dua siklus penelitian, hasil yang dicapai telah meningkat secara signifikan. Siswa-siswa mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan mencapai hasil yang lebih baik dibanding sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 020264 Binjai telah berhasil. Dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan efektif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi guru-guru dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik di masa depan.