Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Sejarah

4
(276 votes)

Pendahuluan: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) telah mengalami perkembangan yang fluktuatif seiring waktu. Substansi kurikulum PKn sering berubah sesuai dengan kepentingan negara. Secara historis, epistemologis, dan pedagogis, PKn dimulai dengan diperkenalkannya mata pelajaran Civics dalam kurikulum SMA tahun 1962. Bagian: ① Latar Belakang PKn: Pada tahun 1962, mata pelajaran Civics diperkenalkan dalam kurikulum SMA. Mata pelajaran ini mencakup pengetahuan tentang pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 45. ② Isi Materi PKn: Mata pelajaran Civics mencakup pengalaman belajar dari disiplin ilmu sejarah, geografi, ekonomi, politik, pidato-pidato presiden, deklarasi hak asasi manusia, dan pengetahuan tentang Perserikatan Bangsa-Bangsa. ③ Perubahan dalam PKn: Substansi kurikulum PKn terus mengalami perubahan seiring waktu, disesuaikan dengan kepentingan negara. Kesimpulan: PKn telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam sejarahnya. Dari diperkenalkannya mata pelajaran Civics pada tahun 1962 hingga saat ini, PKn terus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan negara.