Strategi Pembelajaran Passing Bawah dan Passing Atas dalam Kurikulum 2013

4
(294 votes)

Pembelajaran passing bawah dan passing atas dalam olahraga bola voli merupakan bagian penting dalam kurikulum 2013. Kedua teknik ini adalah dasar dalam permainan bola voli dan penting untuk dikuasai oleh setiap pemain. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi pembelajaran passing bawah dan passing atas dalam kurikulum 2013.

Strategi Pembelajaran Passing Bawah

Passing bawah adalah teknik dasar dalam bola voli yang digunakan untuk menerima bola yang datang rendah. Dalam kurikulum 2013, strategi pembelajaran passing bawah melibatkan beberapa langkah. Pertama, siswa diajarkan tentang posisi tubuh yang benar saat melakukan passing bawah. Kedua, siswa diajarkan cara mengatur bola dengan tangan dan lengan. Ketiga, siswa diajarkan cara mengarahkan bola ke tempat yang diinginkan.

Penting untuk memastikan bahwa siswa memahami dan menguasai setiap langkah ini sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Dengan pendekatan ini, siswa dapat membangun keterampilan mereka secara bertahap dan memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang teknik dasar sebelum melanjutkan ke teknik yang lebih kompleks.

Strategi Pembelajaran Passing Atas

Passing atas adalah teknik lain yang penting dalam bola voli. Teknik ini digunakan untuk mengirim bola ke atas dan ke depan, biasanya ke pemain lain di tim yang akan melakukan serangan. Dalam kurikulum 2013, strategi pembelajaran passing atas melibatkan beberapa langkah serupa dengan passing bawah.

Pertama, siswa diajarkan tentang posisi tubuh yang benar. Kedua, mereka diajarkan cara mengatur bola dengan tangan dan lengan. Ketiga, mereka diajarkan cara mengarahkan bola ke tempat yang diinginkan. Seperti passing bawah, penting untuk memastikan bahwa siswa memahami dan menguasai setiap langkah ini sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pentingnya Strategi Pembelajaran yang Efektif

Strategi pembelajaran yang efektif adalah kunci untuk membantu siswa menguasai teknik passing bawah dan passing atas. Dengan pendekatan yang sistematis dan bertahap, siswa dapat membangun keterampilan mereka secara bertahap dan memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang teknik dasar sebelum melanjutkan ke teknik yang lebih kompleks.

Penting juga untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan berkelanjutan kepada siswa. Ini akan membantu mereka memahami apa yang mereka lakukan dengan benar dan apa yang perlu mereka perbaiki. Dengan cara ini, mereka dapat terus belajar dan berkembang sebagai pemain bola voli.

Dalam pembahasan ini, kita telah melihat strategi pembelajaran passing bawah dan passing atas dalam kurikulum 2013. Dengan pendekatan yang sistematis dan bertahap, serta umpan balik yang konstruktif dan berkelanjutan, siswa dapat membangun keterampilan mereka dan menjadi pemain bola voli yang lebih baik.