Cara Menilai Disiplin Siswa dan Pertanyaan Wawancara untuk Mengevaluasi Sikap Disipli
Dalam mengisi rapot di akhir semester, Ibu Tuti, selaku wali kelas, juga harus melakukan penilaian terhadap disiplin siswa. Disiplin adalah suatu sifat atau kemampuan yang disepakati untuk taat dan mengendalikan diri, agar tetap mematuhi aturan yang telah dibuat. Berikut adalah beberapa cara Ibu Tuti dapat menilai disiplin siswa: 1. Mengamati kepatuhan siswa terhadap aturan kelas, seperti datang tepat waktu, mengikuti instruksi guru, dan menghormati teman sebaya. 2. Menganalisis keteraturan siswa dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan. 3. Melakukan wawancara dengan siswa untuk mengevaluasi sikap dan perilaku mereka di kelas. 4. Mengamati kedisiplinan siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan menghadapi tantangan atau konflik di kelas. 5. Menganalisis konsistensi siswa dalam mematuhi aturan dan disiplin di luar kelas, seperti di rumah atau di tempat umum. Selain itu, berikut adalah 10 pertanyaan wawancara yang dapat memberikan informasi terkait deskripsi sikap disiplin siswa: 1. kamu lakukan jika kamu merasa bosan di kelas? 2. Bagaimana kamu menghadapi teman sebaya yang ingin mengganggumu di kelas? 3. Apa yang kamu pikirkan sebelum mengambil tindakan yang tidak pantas di kelas? 4. Bagaimana kamu menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah? 5. Apa yang kamu lakukan jika kamu terlambat datang ke kelas? 6. Bagaimana kamu menghadapi konflik dengan teman sebaya di kelas? 7. Apa yang kamu pikirkan sebelum mengambil tindakan yang tidak pantas di luar kelas? 8. Bagaimana kamu menghadapi kesulitan dalam mengikuti instruksi guru? 9. Apa yang kamu lakukan jika kamu merasa tidak nyaman dengan sesuatu di kelas? 10. Bagaimana kamu menghadapi kesulitan dalam menghargai perbedaan pendapat orang lain? Dengan melakukan penilaian dan wawancara ini, Ibu Tuti dapat memahami lebih baik tentang disiplin siswa dan mengambil tindakan yang tepat untuk membantu mereka mengembangkan sikap disiplin yang baik.