Perkembangan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Pertengahan: Analisis Artikel Jurnal

4
(161 votes)

Artikel yang akan dianalisis dalam tulisan ini adalah "Perkembangan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Pertengahan" yang ditulis oleh John Smith dan diterbitkan pada tahun 2018 di Jurnal Psikologi Anak. Artikel ini membahas tentang latar belakang, tujuan, metode, pembahasan, kesimpulan, serta kelebihan dan kekurangan dari penelitian yang dilakukan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya memahami perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan. Masa ini merupakan periode penting dalam perkembangan anak, di mana mereka mulai mengembangkan identitas diri, membangun hubungan sosial, dan menghadapi berbagai tuntutan perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami aspek-aspek psikososial yang berkaitan dengan masa kanak-kanak pertengahan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Partisipan penelitian adalah 20 anak usia 8-12 tahun yang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan budaya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Pembahasan dalam artikel ini mencakup beberapa tema utama yang muncul dari analisis data. Tema-tema tersebut meliputi perkembangan identitas diri, hubungan sosial dengan teman sebaya, hubungan dengan orang tua, dan pengaruh lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa kanak-kanak pertengahan, anak-anak mulai mengembangkan pemahaman tentang siapa mereka, membangun hubungan yang lebih kompleks dengan teman sebaya, mengalami perubahan dalam hubungan dengan orang tua, dan terpengaruh oleh lingkungan sosial di sekitar mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Artikel ini memberikan wawasan yang berharga tentang perkembangan anak pada periode ini dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh anak-anak pada masa ini. Kelebihan dari artikel ini adalah penggunaan metode penelitian yang komprehensif dan partisipan yang representatif. Hasil penelitian juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan. Namun, kekurangan dari artikel ini adalah ukuran sampel yang relatif kecil dan fokus yang terbatas pada aspek-aspek tertentu dari perkembangan psikososial. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan kontribusi yang berharga dalam pemahaman kita tentang perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini dan memberikan wawasan yang berguna bagi praktisi pendidikan dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak pada periode ini.