Perbandingan Empat Teori Belajar dalam Pembelajaran di Kelas
Pendahuluan: Perbandingan teori belajar dapat membantu guru memahami pendekatan pembelajaran yang berbeda. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Teori Kognitif: Tokoh - Jean Piaget, Substansi/Isi Teori - perkembangan kognitif, Objek Kajian Teori - proses mental, Bentuk Implementasi - pemberian tugas yang sesuai dengan tahap perkembangan. <br/ > <br/ >② Teori Behavioristik: Tokoh - Ivan Pavlov, Substansi/Isi Teori - pembentukan perilaku, Objek Kajian Teori - respons terhadap rangsangan, Bentuk Implementasi - penguatan positif dan negatif. <br/ > <br/ >③ Teori Konstruktivis: Tokoh - Lev Vygotsky, Substansi/Isi Teori - konstruksi pengetahuan, Objek Kajian Teori - interaksi sosial, Bentuk Implementasi - kerja kelompok dan diskusi. <br/ > <br/ >④ Teori Humanistik: Tokoh - Carl Rogers, Substansi/Isi Teori - pengembangan pribadi, Objek Kajian Teori - individu sebagai individu, Bentuk Implementasi - pemberian otonomi dalam pembelajaran. <br/ > <br/ >Kesimpulan: Memahami perbedaan teori belajar dapat membantu guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.