** Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Matematika di SMK Negeri 2 Mandrehe: Sebuah Pendekatan Penelitian **
** Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi yang penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika. Di SMK Negeri 2 Mandrehe, penerapan metode ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru serta siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan berdiferensiasi membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Guru dapat menyesuaikan materi ajar sesuai tingkat pemahaman masing-masing siswa—misalnya, memberikan soal latihan tambahan bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak waktu atau tantangan ekstra bagi siswa berbakat. Salah satu contoh konkret adalah pengelompokan berdasarkan kemampuan; kelompok-kelompok kecil dibentuk agar setiap anggota bisa saling mendukung sambil bekerja pada tugas-tugas tertentu. Hal ini tidak hanya memperkuat konsep matematis tetapi juga membangun keterampilan sosial antar teman sekelas. Selain itu, teknologi seperti aplikasi pendidikan digunakan sebagai alat bantu mengajar sehingga memungkinkan akses ke sumber daya belajar secara mandiri oleh para siswa kapan saja diperlukan. Ini mendorong rasa tanggung jawab pribadi terhadap proses belajarnya sendiri sekaligus memfasilitasi perbedaan gaya belajar individu. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif dalam konteks pendidikan matematika di SMK Negeri 2 Mandrehe karena mampu menjawab berbagai kebutuhan akademik siswanya tanpa meninggalkan siapa pun tertinggal. Dengan demikian, implementasi model tersebut harus terus didorong guna mencapai hasil optimal dalam pencapaian kompetensi dasar matemaatika peserta didik demi masa depan mereka.