Membangun Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendidikan

4
(230 votes)

<br/ > <br/ >A. Standar Kompetensi : Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila. <br/ > <br/ >B. Kompetensi Dasar : Memahami arti pentingnya kedisiplinan, kejujuran, kerja keras, dan anti korupsi dalam kehidupan bermasyarakat. <br/ > <br/ >C. Indikator : <br/ > 1. Mampu menjelaskan makna dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi. <br/ > 2. Mampu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. <br/ > 3. Mampu mengidentifikasi contoh perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi di lingkungan sekitar. <br/ > <br/ >D. Tujuan Pembelajaran : <br/ > 1. Peserta didik mampu memahami arti dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi. <br/ > 2. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. <br/ > 3. Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi di lingkungan sekitar. <br/ > <br/ >Kegiatan Pendahuluan: <br/ >- Diskusi tentang arti dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. <br/ >- Menyajikan cerita atau kasus nyata yang menunjukkan dampak positif dari perilaku tersebut. <br/ > <br/ >Kegiatan Inti: <br/ >- Simulasi permainan peran untuk menunjukkan bagaimana perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dapat diterapkan dalam situasi nyata. <br/ >- Diskusi kelompok tentang contoh-contoh perilaku tersebut di lingkungan sekitar. <br/ > <br/ >Kegiatan Penutup: <br/ >- Refleksi bersama tentang pembelajaran hari ini dan bagaimana peserta didik dapat menerapkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. <br/ > <br/ >Rancangan Penilaian Proses dan Hasil Belajar: <br/ >- Observasi terhadap partisipasi peserta didik dalam diskusi dan kegiatan simulasi. <br/ >- Penugasan reflektif tentang pengalaman penerapan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.