Hubungan antara Kecerdasan dan Kehadiran Siswa dengan Kemampuan Vocabulary di Kelas X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan dan kehadiran siswa terhadap kemampuan vocabulary siswa kelas X SMA. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai kecerdasan, nilai kehadiran, dan nilai vocabulary siswa. Dalam penelitian ini, kami menggunakan data dari 20 siswa kelas X SMA. Setiap siswa diberikan kode unik dan memiliki nilai kecerdasan, nilai kehadiran, dan nilai vocabulary yang tercatat. Data ini kemudian dianalisis untuk melihat apakah ada hubungan antara kecerdasan dan kehadiran siswa dengan kemampuan vocabulary mereka. Untuk menguji hubungan antara kecerdasan dan kehadiran siswa dengan kemampuan vocabulary, kami menggunakan taraf signifikansi \( \alpha=0,05 \). Kami melakukan perhitungan secara manual dan juga menggunakan bantuan aplikasi SPSS untuk membandingkan hasil yang diperoleh. Hasil perhitungan manual menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan dan kehadiran siswa dengan kemampuan vocabulary. Dalam analisis menggunakan SPSS, hasil yang diperoleh juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel-variabel tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa hasil perhitungan manual dan menggunakan aplikasi SPSS dapat sedikit berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan dalam metode perhitungan dan pengolahan data. Oleh karena itu, penting untuk membandingkan hasil dari kedua metode tersebut untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih akurat. Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa kecerdasan dan kehadiran siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan vocabulary mereka. Siswa yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan kehadiran yang baik cenderung memiliki kemampuan vocabulary yang lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting bagi para guru dan pihak sekolah untuk memperhatikan pentingnya kecerdasan dan kehadiran siswa dalam meningkatkan kemampuan vocabulary mereka. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan dan kehadiran siswa dengan kemampuan vocabulary mereka di kelas X SMA. Hasil ini dapat menjadi dasar bagi para guru dan pihak sekolah dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa.