Perbedaan Pandangan Jabariyah dan Qadariyah dalam Konteks Kebebasan Manusia

4
(203 votes)

Debat mengenai kebebasan manusia dan takdir telah menjadi topik perdebatan filosofis dan teologis selama berabad-abad. Dalam Islam, dua aliran pemikiran utama, Jabariyah dan Qadariyah, muncul untuk membahas kompleksitas kehendak bebas manusia dalam konteks kemahakuasaan dan kemahatahuan Tuhan. Meskipun kedua kelompok tersebut mengakui kebesaran Tuhan, mereka berbeda secara signifikan dalam pandangan mereka tentang sifat tindakan manusia dan hubungannya dengan kehendak ilahi. Perbedaan-perbedaan ini memiliki implikasi yang mendalam tentang bagaimana seseorang memahami tanggung jawab moral, akuntabilitas, dan tujuan hidup itu sendiri.

Perspektif Jabariyah tentang Kehendak Bebas

Di jantung teologi Jabariyah terletak keyakinan pada predestinasi, yang menegaskan bahwa Tuhan telah menentukan semua tindakan dan pilihan manusia. Penganut Jabariyah berpendapat bahwa manusia tidak memiliki kehendak bebas yang nyata dan bahwa tindakan mereka pada akhirnya ditentukan sebelumnya oleh kehendak ilahi. Dari perspektif ini, manusia seperti pion dalam permainan catur kosmik, yang tindakannya telah ditentukan sebelumnya oleh Sang Penguasa Agung.

Jabariyah sering menggunakan ayat-ayat Al-Qur'an yang menekankan kekuasaan dan ketetapan Tuhan untuk mendukung pandangan mereka. Misalnya, mereka mengutip ayat-ayat seperti "Dan kamu tidak menghendaki sesuatu melainkan Allah menghendakinya" (QS. At-Takwir: 29) untuk menegaskan bahwa kehendak Tuhan adalah satu-satunya kekuatan pendorong di alam semesta, meniadakan pilihan manusia.

Perspektif Qadariyah tentang Kehendak Bebas

Sebaliknya, Qadariyah berpendapat untuk peran yang lebih besar bagi kehendak bebas manusia dalam menentukan jalannya hidup seseorang. Mereka menegaskan bahwa Tuhan telah menganugerahi manusia kemampuan untuk memilih antara benar dan salah, dan bahwa individu memiliki hak untuk menentukan tindakan mereka sendiri. Dari perspektif Qadariyah, manusia diberdayakan untuk membentuk takdir mereka sendiri melalui pilihan dan tindakan mereka.

Dasar teologis Qadariyah terletak pada penekanan Al-Qur'an tentang tanggung jawab moral manusia dan akuntabilitas di akhirat. Mereka berpendapat bahwa jika manusia benar-benar ditakdirkan, maka tidak akan adil bagi Tuhan untuk menghukum atau memberi penghargaan kepada mereka atas tindakan yang berada di luar kendali mereka. Qadariyah mengutip ayat-ayat seperti "Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula" (QS. Al-Zalzalah: 7-8) untuk menunjukkan bahwa manusia bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Titik Temu dan Ketegangan

Meskipun perbedaan mereka tampak jelas, penting untuk dicatat bahwa baik Jabariyah maupun Qadariyah mengakui pentingnya kehendak ilahi dalam urusan manusia. Perbedaannya terletak pada sejauh mana mereka memahami interaksi antara kehendak ilahi dan kehendak bebas manusia.

Jabariyah, sementara menekankan predestinasi, mengakui bahwa manusia memiliki bentuk kehendak bebas yang terbatas. Mereka berpendapat bahwa sementara Tuhan telah menentukan semua tindakan, manusia masih mengalami proses pengambilan keputusan dan merasa seolah-olah mereka memilih secara bebas. Namun, pilihan-pilihan ini, dari perspektif Jabariyah, pada akhirnya ditentukan sebelumnya oleh kehendak Tuhan.

Di sisi lain, Qadariyah mengakui bahwa kehendak bebas manusia tidak mutlak. Mereka mengakui bahwa Tuhan memiliki pengetahuan tentang segala sesuatu, termasuk pilihan yang akan dibuat manusia. Namun, mereka berpendapat bahwa pengetahuan sebelumnya Tuhan tidak meniadakan kehendak bebas manusia. Dari perspektif ini, Tuhan mengetahui masa depan tetapi tidak memaksanya.

Singkatnya, debat antara Jabariyah dan Qadariyah menyoroti kompleksitas mendamaikan kehendak bebas manusia dengan kemahakuasaan dan kemahatahuan Tuhan. Sementara Jabariyah menekankan predestinasi dan sifat kehendak ilahi yang menyeluruh, Qadariyah menegaskan pentingnya pilihan manusia dan tanggung jawab moral. Kedua perspektif menawarkan wawasan berharga tentang sifat kehendak bebas manusia dan hubungannya dengan kehendak ilahi, meninggalkan umat Islam untuk bergulat dengan implikasi dari keyakinan ini untuk kehidupan dan akhirat mereka.