Penerapan Kata Kerja Operasional Taksonomi Bloom Revisi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi

4
(305 votes)

Pentingnya kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi tak lepas dari kebutuhan untuk merancang pembelajaran yang efektif. Penerapan kata kerja ini membantu para pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang terukur dan selaras dengan tingkatan kognitif mahasiswa.

Mengukur Tingkat Kognitif dengan Kata Kerja Operasional

Kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi, seperti *menganalisis*, *mengevaluasi*, atau *menciptakan*, memberikan gambaran jelas tentang proses berpikir yang diharapkan dari mahasiswa. Sebagai contoh, kata kerja *mengingat* menunjukkan tingkat kognitif yang lebih rendah dibandingkan dengan *menganalisis*. Penggunaan kata kerja yang tepat memudahkan dosen dalam merancang asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Merancang Tujuan Pembelajaran yang Terukur dan Spesifik

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan dengan kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi akan lebih terukur dan spesifik. Misalnya, tujuan pembelajaran "Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi" lebih terukur dibandingkan dengan "Mahasiswa memahami pertumbuhan ekonomi". Kejelasan tujuan pembelajaran memudahkan dosen dalam memilih metode pembelajaran yang tepat.

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pendidikan Tinggi

Penerapan kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi berdampak positif pada kualitas pembelajaran. Dosen terbantu dalam merancang kegiatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Di sisi lain, mahasiswa lebih terarah dalam mempelajari materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Penerapan Kata Kerja Operasional dalam Berbagai Bidang Studi

Kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi dapat diterapkan di berbagai bidang studi. Misalnya, dalam bidang sains, kata kerja seperti *menghitung*, *membuktikan*, dan *menyimpulkan* sering digunakan. Sementara itu, dalam bidang sosial humaniora, kata kerja seperti *menginterpretasi*, *mengkritik*, dan *merumuskan* lebih relevan.

Tantangan dalam Penerapan Kata Kerja Operasional

Meskipun bermanfaat, penerapan kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi tidak lepas dari tantangan. Salah satu tantangannya adalah kurangnya pemahaman dosen mengenai taksonomi Bloom revisi dan cara menerapkannya dalam konteks pembelajaran. Selain itu, kebiasaan menggunakan kata kerja umum yang kurang spesifik juga menjadi tantangan tersendiri.

Penerapan kata kerja operasional taksonomi Bloom revisi dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang terukur dan berorientasi pada tingkatan kognitif mahasiswa, diharapkan lulusan pendidikan tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.