Dampak Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran di Sekolah
Penggunaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah telah menjadi kebutuhan utama dalam dunia pendidikan. Internet memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi bagi peserta didik dan guru, namun juga memiliki dampak negatif yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai dampak positif dan negatif penggunaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah. Dampak positif pertama dari penggunaan internet sebagai media pembelajaran adalah kemudahan dalam menyampaikan materi pelajaran oleh guru. Dengan adanya internet, guru dapat menyajikan materi pelajaran secara bervariasi sehingga peserta didik tidak mudah bosan. Selain itu, penggunaan internet juga menghemat waktu dan tenaga karena peserta didik tidak perlu bertatap muka langsung dengan guru. Namun, penggunaan internet juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah tindakan plagiarisme atau menyontek. Peserta didik dapat dengan mudah mencari informasi di internet tanpa pengawasan guru. Jika tidak diawasi dengan baik, peserta didik dapat mengakses situs negatif yang ada di internet. Selain itu, penggunaan internet sebagai media pembelajaran juga membatasi interaksi antara peserta didik dan guru. Untuk mengatasi dampak negatif tersebut, guru perlu berperan sebagai pengawas ketika peserta didik menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Dengan pengawasan yang baik, peserta didik dapat terhindar dari mengakses situs negatif. Selain itu, interaksi antara guru dan peserta didik juga tetap dapat terjalin dengan baik. Dalam kesimpulan, penggunaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah memiliki dampak positif dan negatif. Guru perlu memahami dan mengawasi penggunaan internet oleh peserta didik agar dampak negatif dapat diminimalisir. Dengan demikian, penggunaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik.