Peran Alam Lingkungan Sekitar Sekolah dalam Mendukung Pembelajaran Anak Didik Menurut Teori Psikologi dan Konstruktivisme
<br/ >Alam lingkungan sekitar sekolah memiliki pengaruh signifikan dalam proses pembelajaran anak didik. Berbagai teori psikologi seperti Greeberg (1994), Thorndike, Pavlov, dan Skinner memberikan wawasan penting mengenai hubungan antara lingkungan fisik dengan perkembangan kognitif siswa. Misalnya, Greeberg (1994) menekankan bahwa elemen-elemen alam seperti taman atau area hijau dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar siswa. <br/ > <br/ >Thorndike melalui konsep "hukum efek" menyatakan bahwa respons positif dari lingkungan akan memperkuat perilaku belajar siswa. Sementara itu, Pavlov dengan eksperimen kondisioning klasiknya menunjukkan bagaimana stimulus dari lingkungan dapat membentuk respons belajar pada individu. Skinner juga turut mengemukakan pentingnya reinforcement dalam membentuk pola-pola perilaku positif di lingkungan pendidikan. <br/ > <br/ >Namun demikian, teori Konstruktivisme menyoroti peran aktif siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya. Dalam konteks ini, alam sekitar sekolah bukan hanya menjadi objek pembelajaran tetapi juga sebagai medium bagi siswa untuk melakukan eksplorasi dan konstruksi pengetahuan secara mandiri. <br/ > <br/ >Dengan demikian, pemahaman terhadap teori-teori psikologi seperti Greeberg (1994), Thorndike, Pavlov, Skinner bersinergi dengan prinsip-prinsip konstruktivisme untuk menjadikan alam lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran yang inspiratif bagi anak didik. <br/ > <br/ > <br/ >