Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar

4
(238 votes)

Pendahuluan: Artikel ini akan membahas potret pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan berbagai persoalan yang terkait dengan hal tersebut. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Sarana Prasarana yang Rusak: Gambar 10.1 menunjukkan sebuah gedung sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan. Gedung tersebut tidak hanya rusak, tetapi hampir roboh sehingga tidak layak lagi digunakan sebagai sarana belajar-mengajar. Kondisi ini tentu membuat siswa kurang tertarik untuk belajar. <br/ > <br/ >② Ketidakmerataan Jumlah Guru: Selain masalah sarana prasarana, gambar 10.2 juga menggambarkan ketidakmerataan jumlah guru di SD tersebut. Meskipun terlihat ada proses pembelajaran yang dipimpin oleh seorang guru, namun jumlah siswa yang cukup banyak membuat proses pembelajaran menjadi kurang efektif. <br/ > <br/ >③ Keterbatasan Wilayah: Gambar-gambar tersebut juga mencerminkan keterbatasan wilayah yang dimiliki oleh SD tersebut. Terlihat bahwa sekolah ini berada di daerah yang sulit dijangkau, sehingga akses pendidikan menjadi terhambat. <br/ > <br/ >Kesimpulan: Potret pembelajaran di SD ini menggambarkan berbagai persoalan yang perlu segera ditangani, seperti sarana prasarana yang rusak, ketidakmerataan jumlah guru, dan keterbatasan wilayah. Diperlukan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan semua pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD agar anak-anak dapat mendapatkan pendidikan yang layak.