Peran Dosen dalam Menyusun Asesmen yang Autentik pada Kurikulum Merdeka

4
(336 votes)

Pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan besar-besaran dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka. Salah satu aspek penting dari kurikulum ini adalah penekanan pada asesmen yang autentik, yang memerlukan peran aktif dari dosen dalam proses penyusunannya. Artikel ini akan membahas peran dosen dalam menyusun asesmen yang autentik pada Kurikulum Merdeka.

Mengenal Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka

Asesmen autentik adalah pendekatan penilaian yang berfokus pada kemampuan siswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari dalam situasi nyata. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, asesmen autentik menjadi penting karena kurikulum ini menekankan pada pengembangan keterampilan dan kompetensi siswa, bukan hanya pengetahuan teoritis. Dosen memiliki peran penting dalam menyusun asesmen ini, karena mereka perlu memastikan bahwa asesmen mencerminkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Peran Dosen dalam Menyusun Asesmen Autentik

Dalam menyusun asesmen autentik, dosen memiliki beberapa peran penting. Pertama, mereka perlu merancang asesmen yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari. Ini berarti bahwa asesmen harus mencakup tugas-tugas yang relevan dengan konteks nyata dan memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka secara mendalam.

Kedua, dosen juga perlu memastikan bahwa asesmen autentik ini adil dan objektif. Ini berarti bahwa mereka perlu memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan mereka, dan bahwa penilaian mereka tidak dipengaruhi oleh bias atau preferensi pribadi.

Tantangan dalam Menyusun Asesmen Autentik

Meski penting, menyusun asesmen autentik bukanlah tugas yang mudah. Ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh dosen. Misalnya, mungkin sulit untuk merancang tugas yang benar-benar mencerminkan situasi nyata. Selain itu, mungkin juga sulit untuk memastikan bahwa asesmen ini adil dan objektif, terutama jika dosen memiliki banyak siswa.

Namun, dengan perencanaan dan persiapan yang baik, dosen dapat mengatasi tantangan ini. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berkolaborasi dengan dosen lain dalam proses penyusunan asesmen, sehingga mereka dapat berbagi ide dan mendapatkan umpan balik.

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, peran dosen dalam menyusun asesmen autentik sangat penting. Dengan asesmen yang dirancang dengan baik, siswa dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari, dan dosen dapat memastikan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai. Meski ada tantangan, dengan perencanaan dan persiapan yang baik, dosen dapat menyusun asesmen autentik yang efektif dan adil.