Komponen Strategis dan Operasional dalam Rencana Pendukung Komunikasi
<br/ > <br/ >Sebuah rencana pendukung yang baik memiliki komponen-komponen strategis dan operasional yang saling melengkapi. Aspek strategis dalam rencana pendukung mencakup latar belakang, indikator masalah, tujuan komunikasi, pesan, target khalayak, pertimbangan strategis, dan persyaratan konsultasi. Sementara itu, aspek operasional meliputi pertimbangan taktis dan penilaian atas kondisi keuangan. Indikator kinerja dan metodologi evaluasi juga harus terlihat secara lengkap dalam rencana pendukung. <br/ > <br/ >Dalam kondisi krisis, perencanaan komunikasi krisis (crisis communication plans) harus melibatkan orang-orang dari level manajemen tertinggi. Ketua komunikasi dalam manajemen krisis harus menjadi orang yang aktif, karena perkembangan informasi dalam situasi tersebut sangat dinamis sehingga harus ditangani secara cepat namun tetap proporsional. <br/ > <br/ >Secara garis besar, siklus kerja perencanaan komunikasi strategis sama dengan perencanaan komunikasi yang berorientasi pada tujuan. Keduanya dimulai dari adanya masalah kampanye, pengumpulan informasi dan data, perancangan rencana kampanye, serta pembuatan rencana monitoring dan evaluasi.