Peran Academic Engagement dalam Mempengaruhi Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Academic engagement, yang merupakan tingkat partisipasi dan investasi mahasiswa dalam proses pembelajaran, telah terbukti memainkan peran penting dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Analisis statistik dari studi ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara academic engagement dan stres akademik, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat academic engagement, semakin rendah tingkat stres akademik, dan sebaliknya. Hasil pengkategorian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (85,5%) menunjukkan tingkat academic engagement yang tinggi, sedangkan 14,1% menunjukkan tingkat sedang dan 0,5% menunjukkan tingkat rendah. Di sisi lain, 20% responden menunjukkan tingkat stres akademik yang rendah, 53,3% menunjukkan tingkat sedang, dan 27,3% menunjukkan tingkat tinggi. Studi ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami tingkat stres akademik yang sedang, yang menunjukkan perlunya intervensi untuk mengurangi dampak negatifnya pada kesejahteraan dan kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa academic engagement berperan sebagai salah satu faktor yang memengaruhi stres akademik, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,041. Ini berarti bahwa academic engagement memberikan kontribusi efektif sebesar 4,1% terhadap stres akademik, sementara 95,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan sumbangan sebesar 4,1%, academic engagement dapat dianggap sebagai salah satu faktor signifikan dalam memengaruhi stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Temuan ini menunjukkan adanya korelasi yang sangat lemah antara academic engagement dan stres akademik, menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana hubungan ini dapat diperkuat. Dengan memahami peran academic engagement dalam mengurangi stres akademik, kita dapat mengembangkan intervensi dan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan mahasiswa, sehingga mereka dapat berhasil mencapai tujuan akademik mereka.