Pendekatan Sistem Dalam Kegiatan Instruksional: Model-Model Desain Pembelajaran PAI

4
(361 votes)

Pendahuluan: Dalam dunia pendidikan, pendekatan sistem telah menjadi salah satu pendekatan yang populer dalam merancang kegiatan instruksional. Pendekatan ini memandang proses pembelajaran sebagai sebuah sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berinteraksi. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), model-model desain pembelajaran yang mengadopsi pendekatan sistem dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini akan membahas beberapa model desain pembelajaran PAI yang menggunakan pendekatan sistem. Model Desain Pembelajaran PAI: 1. Model Discovery Learning: Model ini cocok untuk siswa kelas VIII yang berusia antara 13-15 tahun, yang berada dalam tahap operasional formal dalam perkembangan kognitif mereka. Model ini memungkinkan siswa untuk mengkoordinasikan pengetahuan yang mereka miliki dengan pengetahuan baru yang mereka temukan melalui eksplorasi dan penemuan. Dalam konteks pembelajaran PAI, model ini dapat digunakan untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang konsep-konsep agama Islam melalui pengalaman langsung dan refleksi. 2. Model ASSURE: Model ini merupakan singkatan dari Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise. Model ini berfokus pada perencanaan dan implementasi pembelajaran yang efektif. Dalam konteks pembelajaran PAI, model ini dapat digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Guru dapat menganalisis karakteristik siswa, menetapkan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum 2013, memilih metode pembelajaran yang sesuai, menggunakan media dan materi yang relevan, mendorong partisipasi siswa, dan mengevaluasi serta merevisi pembelajaran. Kesimpulan: Pendekatan sistem dalam kegiatan instruksional dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Model-model desain pembelajaran seperti Discovery Learning dan ASSURE dapat digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa dan kurikulum 2013. Dengan menggunakan pendekatan sistem ini, diharapkan pembelajaran PAI dapat lebih menarik, interaktif, dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.