Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswa Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi keagamaan. Kemampuan membaca Al-Qur'an yang baik merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam, karena menjadi dasar pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya sangat krusial untuk pengembangan strategi pembelajaran yang efektif. Beberapa faktor yang akan diteliti meliputi: faktor internal seperti motivasi belajar, minat terhadap Al-Qur'an, kemampuan dasar membaca dan menulis, serta kebiasaan membaca Al-Qur'an; dan faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang diterapkan dosen, ketersediaan sumber belajar, dan dukungan lingkungan sekitar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif tentang tantangan dan peluang dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswa. Hasilnya dapat digunakan untuk merancang program pembelajaran yang lebih terarah dan memberikan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Suksesnya mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an bukan hanya sekadar penguasaan teknik baca, tetapi juga mencerminkan pemahaman dan penghayatan terhadap isi Al-Qur'an, sehingga membentuk pribadi muslim yang kaffah. Semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di Indonesia.