Prinsip Umum untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk pada Sisw
Pendahuluan: Pendidikan harus memperhatikan semua kemampuan intelektual siswa. Guru perlu mengajar dengan cara yang personal dan memberi kebebasan kepada siswa untuk menentukan tujuan dan program belajar mereka. Sekolah juga harus menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung pengembangan kemampuan intelektual siswa. Evaluasi belajar harus lebih konstektural dan tidak hanya berfokus pada tes tertulis. Pendidikan juga dapat dilakukan di luar sekolah melalui kegiatan ekstra. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Pendidikan yang Memperhatikan Kemampuan Intelektual Siswa <br/ >- Fokus pada semua kemampuan intelektual, bukan hanya logika dan bahasa. <br/ >- Pengenalan intelligence yang lain sebagai bagian dari pendidikan. <br/ > <br/ >② Pendidikan yang Personal dan Menghargai Perbedaan Siswa <br/ >- Mengajar dengan cara, materi, dan waktu yang sesuai dengan intelligence setiap siswa. <br/ >- Memberi kebebasan kepada siswa untuk menggunakan cara belajar dan cara kerja sesuai minat mereka. <br/ > <br/ >③ Sarana dan Fasilitas yang Mendukung Pengembangan Kemampuan Intelektual <br/ >- Sekolah harus menyediakan sarana dan fasilitas yang dapat digunakan siswa untuk melatih kemampuan intelektual mereka berdasarkan intelligence majemuk. <br/ > <br/ >④ Evaluasi Belajar yang Konstektural <br/ >- Evaluasi belajar harus lebih dari tes tertulis saja. <br/ >- Evaluasi harus berupa pengalaman langsung yang dapat diamati performa siswa. <br/ > <br/ >Kesimpulan: Penerapan prinsip-prinsip ini akan membantu mengembangkan kecerdasan majemuk pada siswa. Pendidikan harus memperhatikan semua kemampuan intelektual, mengajar secara personal, memberi kebebasan kepada siswa, menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung, serta melakukan evaluasi belajar yang konstektural.