Perjalanan Pendidikan Saya: Dari Kekurangan hingga Kegagalan

4
(409 votes)

Perkenalkan, nama saya Dhita dan sampai sekarang, saya tidak tahu makna nama saya. Saya tinggal bersama orangtua saya di Medan. Pengalaman saya pribadi memiliki lebih banyak kekurangan dan kegagalan daripada kelebihan. Saya agak kecewa terhadap diri sendiri dan sering merenung, 'Mengapa saya tidak bisa melakukan itu? Mengapa saya begitu bodoh?' Kata-kata itu sering terucap dari mulutku. Saat di TK, saya kurang lancar dalam aksen berbicara, sehingga di sekitar saya, termasuk teman di TK, sering tertawa pada saya. Selain itu, saya mengingat bahwa guru TK pernah pilih kasih membandingkan saya dengan teman saya, saya sering ditempatkan di urutan terakhir. Saya sangat tidak menyukai masa SD. Mulai dari kegagalan dalam ujian tulisan atau lisan, terkadang dijauhi dan diejek oleh teman, lemah dalam bidang olahraga, dan bahkan pernah sekali ditampar oleh guru. Mengingat masa itu membuat saya sedih, dan saya berharap kejadian serupa tidak terulang lagi. Namun, saat saya melanjutkan ke jenjang SMP, saya mulai mengubah pola pikir dengan cara belajar giat, menjadi siswi berprestasi, optimis, dan mencoba hal-hal baru dalam bidang non-akademik, seperti mengikuti ekstrakurikuler baik di dalam maupun di luar sekolah. Momen SMP merupakan salah satu kejadian awal remaja yang tidak akan terlupakan, karena banyak cerita yang dapat diceritakan saat dewasa nanti. Setelah lulus SMP, saya mendaftar di SMA swasta melalui jalur akademik, yaitu jalur rapor. Hal ini karena di masa pendaftaran SMA, nilai Ujian Nasional (UN) tidak berlaku lagi, dan juga terjadi masa puncak pandemi COVID-19. Di tengah pandemi, kelas 10 menjadi sangat membosankan karena saya belajar online dan mengirim tugas pun melalui online. Meskipun tidak bisa bertemu teman-teman secara langsung, dalam bidang akademik, nilai saya cukup baik meskipun tidak masuk dalam ranking 10 besar. Kemudian, saat memasuki kelas 11, nilai akademik saya mengalami penurunan karena faktor ketidakpahaman terhadap materi pelajaran. Namun, saya tidak menyerah dan terus berusaha untuk memahami materi tersebut. Saya mengikuti bimbingan belajar dan meminta bantuan teman-teman yang lebih paham. Meskipun perjalanan pendidikan saya tidak selalu mulus, saya tetap bersemangat dan optimis untuk meraih kesuksesan di masa depan. Dalam perjalanan pendidikan saya, saya belajar bahwa kegagalan dan kekurangan adalah bagian dari proses belajar dan tumbuh. Saya tidak boleh menyerah dan harus terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Saya percaya bahwa setiap kegagalan adalah pelajaran berharga yang akan membantu saya menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Sekarang, saya sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional dan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat saya. Saya yakin bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, saya akan mencapai impian dan meraih kesuksesan di masa depan. Dalam hidup, kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi kita harus tetap berjuang dan tidak menyerah. Saya berharap cerita perjalanan pendidikan saya dapat menginspirasi dan memberikan semangat kepada orang lain yang sedang menghadapi kesulitan dalam pendidikan mereka.